Rabu, 20 November 2013

Tamu Wisuda dan Harapan Wisuda



Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi senior-senior di jurusan Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD) IPB karena  akhirnya mereka sampai pada tahap akhir sebuah perjalanan program pendidikan doktor yaitu wisuda. Terlihat kebahagiaan itu ketika 4 orang Doktor itu memberikan sambutan satu-persatu di hadapan para dosen, mahasiswa PWD dan tentunya keluarga besar masing-masing mereka yang hadir.

Hadir dan mendengarkan sambutan satu persatu dari para wisudawan adalah keuntungan bagi saya. Untaian kata yang mengalir dari ke-empat orang itu menceritakan suka duka perjalanan mereka selama 5 tahun. Yah sejak tahun 2008 mereka bertemu dan belajar merajut asa yang sama di tempat yang sama. Dosen-dosen yang hadir mengakui bahwa senior-senior ini memiliki social capital yang sangat tinggi. Mereka kompak dan tidak pernah komplain ketika diajak praktek lapangan kemanapun oleh dosen yang bersangkutan.

Dalam sambutan mereka menyampaikan bahwa dengan adanya social capital yang kuat diantara mereka, berdampak positif bahwa mereka tidak yakin jika mereka tidak lulus. Kekompakan dan kebersamaan yang terjadi diantara mereka adalah selalu melakukan diskusi kelompok, bahkan iuran untuk kepentingan belajar. Salah satu dari mereka mengatakan bahwa tempat belajar bukan hanya di kampus, akan tetapi di cafe maupun warung pojok. Satu diantara mereka adalah seorang Ibu, dia bercerita ketika menjelang Ujian Kualifikasi (Prelim), beliau melahirkan. Dengan senang hati teman-temannya yang lain datang dan belajar di rumah Ibu tersebut. Bangga dan bahagia mendengarkan kekompakan seperti itu.

Dalam sesi photo bersama, sebuah do'a saya panjatkan penuh harap agar saya dan teman-teman 2013 mendapatkan kesempatan yang sama seperti mereka. Yah berharap wisuda bersama-sama namun sedikit dipercepat, supaya jangan sampai hitungan 5 tahun. Jika 3 tahun terlalu cepat, yah 4 tahun saja saya sudah bersyukur. Karena saya belum mendapat informasi ada senior di jurusan ini yang mampu menyelesaikan studinya dalam hitungan 4 tahun. Cukup menantang juga :-)

Jauh dari keluarga, menikmati rutinitas perkulihan, tertawa bersama saat mengerjakan tugas-tugas dan pusing tujuh keliling saat memahami cacing-cacing adalah aroma yang ada di perjalanan ini. Semoga sehat selalu dan mampu menyelesaikan amanah ini dengan baik.


Kata Kunci: Kompak

Dramaga, Bogor 20 Nov 2013:17.24







Tidak ada komentar:

Posting Komentar