Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Kota hujan tak sedingin ketika hujan




Bogor terkenal dengan sebutan kota hujan. Entah sejak kapan gelar tersebut disandang oleh kota ini. Bisa jadi dikarenakan intensitas hutannya lebih tinggi dari kota lain yang ada di Indonesia. Saya merupakan salah satu orang yang percaya begitu saja bahwa Bogor adalah kota hujan. Sehingga yang ada dalam pikiran saya adalah Bogor memiliki udara yang sejuk bahkan sangat dingin. Hal ini disebabkan sejak kecil, ilmu pengetahuan yang saya dapati bahwa jika hujan maka cuaca akan dingin. Oleh karena itu ketika akan berangkat ke kota Bogor, saya telah menyiapkan beberapa jaket yang saya pikir sangat berguna ketika tiba disana. 

Asumsi-asumsi saya tersebut di atas ternyata tidak berlaku untuk kota Bogor. Fakta yang terjadi adalah kota ini sangat panas, dan saya selalu gerah berkeringat setiap siang hari bahkan malam hari, khususnya di daerah Dramaga.  Ternyata saya terjebak dalam kadaluarsa perspektif  selama ini sehingga saya salah mengambil keputusan membawa jaket-jaket namun tidak pernah dipakai. huffff

Apakah kota hujan hanya sebagai simbol saja saat ini? Yang tidak bermakna sebenarnya?...yah inilah keadaan real bahwa inilah yang dinamakan perubahan iklim. Kota hujan mungkin masih berlaku bagi kota Bogor pada 10 tahun yang lalu...namun TIDAK lagi untuk sekarang. Tindakan yang pantas untuk sebuah adaptasi adalah membawa payung ketika berjalan kaki di siang hari agar tidak kepanasan, dan membuka jendela/pintu ketika di kostan. Mencari angin cepoi-cepoi :-)

Anehnya ketika hujanpun, cuaca tidak terasa dingin bahkan tetap saja gerah dan suara petir yang menakutkan seperti bumi mau meledak saja.  saya merasa dingin hanya ketika berada di ruang kelas belajar saja, dan ini sangat tidak nyaman. Maklumlah tidak cocok dengan dinginnya AC atau kipas angin. 

Semoga keadaan ini cepat berlalu dan kesejukan segera datang ;-)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar